Saturday, August 30, 2014

Apa Itu Backlink? Nofollow dan Dofollow? Backlink Adalah...

Apa Itu Backlink? Backlink Adalah
Apa Itu Backlink? Nofollow dan Dofollow? Backlink Adalah bagian dari SEO yang sangat penting bagi suatu blog agar bisa berada di posisi teratas google. Backlink mencakup hampir semua bagian dari offpage SEO yaitu sekitar 80%. Maka dari itu, anda harus pahami betul apa yang dimaksud backlink itu, bagaimana cara mendapatkannya, tipe backlink apa saja yang memenuhi kriteria backlink berkualitas yang perlu anda cari, dan sebagainya.

Anda bisa pelajari selengkap nya tentang SEO di halaman blog ini tentang Cara SEO Website (klik linknya) atau di halaman wikipedia tentang SEO Bahasa Indonesia atau SEO bahasa inggris..

Tidak ada satupun praktisi SEO seperti saya bahkan mungkin anda yang tidak mengoptimasi situs nya di keyword yang berat-berat dengan backlink, walaupun untuk keyword ringan saya atau anda mungkin hanya gunakan onpage SEO saja.

Apa Itu Backlink? Nofollow dan Dofollow? Backlink Adalah...

Apa Itu Backlink? Backlink Adalah..

Backlink... Istilah yang sering kita dengar kan? sesuatu yang penting yang harus ada di sebuah blog. Backlink terdiri dari 2 kata yaitu back (artinya kembali) dan link (artinya tautan), yang artinya tautan kembali dari blog lain yang mengarah ke situs kita. Intinya jika ada situs lain yang melink ke situs kita, itu namanya backlink.
Apa Itu Backlink? Backlink Adalah
Lalu, kenapa sih backlink itu penting dan harus ada di setiap situs yang kita optimasi? Jadi gini, SEO secara sederhana itu ada 3 yaitu keyword research, onpage, dan offpage SEO, 3 hal ini harus dilakukan semua alias menyeluruh agar hasil nya juga sangat maksimal.

Tanpa Keyword Research, anda bingung pilih keyword, anda akan ngawur menarget keyword, dan akibatnya adalah jika anda salah pilih keyword, maka keyword yang anda target tidak akan rank di halaman satu, tidak ada traffic, jika tidak ada traffic maka tidak ada konversi penjualan produk anda.

Tanpa Onpage SEO, anda akan kehilangan 30% dari SEO, situs anda akan jelek, jelek di mata pengunjung (situs lemot, sulit dinavigasi pengunjung, tampilan acak-acakan, dna lain-lain) maupun menurut google (Kode yang acak-acakan, sulit navigasi, dan lain-lain).

Dan parahnya lagi, jika anda tanpa Offpage SEO, situs anda akan jadi seperti laptop tanpa baterai. Tidak bisa nyala artinya anda tidak akan bisa ranking di keyword berat, bisa sih nyala tapi harus dengan charger yang artinya situs anda hanya bisa rank di keyword ringan dengan offpage SEO.

Tapi sebelum anda takut dengan hal-hal diatas, saya akan tekankan kepada anda bahwa SEO tidak semenakutkan seperti itu, saya sudah buktikan semua, dan anda tak perlu tahu alasannya.. ^_^

LALU, BAGAIMANAKAH BAKLINK ITU?

Apa Itu Backlink Nofollow dan Dofollow?

Jadi backlink itu punya 2 tipe aliran, yaitu Nofollow (yang artinya link tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh bot google), dan Dofollow (link akan ditelusuri oleh bot google lebih lanjut). 2 hal ini punya fungsi nya sendiri-sendiri, maka dari itu anda jangan hanya mencari backlink yang dofollow saja, atau yang nofollow saja.
Backlink Nofollow dan Dofollow
Yang harus anda lakukan adalah mencari 2 tipe backlink itu dengan membagi nya sekitar 70% untuk dofollow dan 30% untuk nofollow, hal ini akan membuat situs anda terlihat lebih natural menurut google jika dibandingkan dengan backlink dofollow semua dalam sebuah blog.

Jadi, fungsi backlink dofollow itu adalah memberi poin lebih banyak ke blog anda yang digunakan untuk menaikkan atau mempertahankan posisi anda di SERP (Search Engine Result Page), sedangkan fungsi backlink nofollow adalah menyeimbangkan jumlah backlink dofollow agar blog anda bisa natural menurut google.

Saya pribadi tidak membedakan dofollow dan nofollow ini, jika ada tempat untuk menaruh link, saya pasti akan taruh link saya tersebut tanpa membedakan link saya di situs tersebut nanti nya akan jadi dofollow atau tidak.

Menurut saya, sebuah link adalah link, tetap akan memberi poin walaupun itu nofollow.

Backlink Berkualitas dan Backlink Kotor

Mungkin anda bingung apa sih yang dimaksud backlink berkualitas itu dan apa sih backlink kotor itu? Jadi saya jelaskan kepada anda bahwa semua backlink itu ada sifat nya sendiri-sendiri, yaitu backlink yang berkualitas atau backlink yang kotor.

Backlink berkualitas merupakan backlink bersih yang akan menaikkan atau memperkuat posisi anda di Search Engine Google yang bisa didapat dengan beberapa faktor (Akan saya jelaskan di artikel berikutnya). Sedangkan yang dimaksud backlink kotor adalah backlink yang justru akan melukai dan bisa saja akan menurunkan situs anda di SERP.

Lalu, bagaimana saya bisa membedakan apakah backlink saya itu bagus atau tidak? Yang saya lakukan sebenarnya simple saja, saya akan mengecek seluruh backlink yang ada di situs saya menggunakan tool-tool gratisan (Ahrefs, MajesticSEO) atau yang berbayar, kemudian jika ada backlink dari situs-situs yang tidak disukai google seperti situs p0rn0, judi, dan situs-situs yang ber PR 1 kebawah (walaupun tidak semua nya), maka saya anggap backlink saya itu kotor.

Dan selain dari itu, maka saya anggap semua nya berkualitas. Simple kan?

Beberapa Cara Cari Backlink Simple Ala Saya

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel ini bahwa cara cari backlink yang benar itu dengan melihat 3 faktor yaitu kualitas, kuantitas, dan relevansi. Jika anda mampu penuhi semua nya maka backlink yang anda dapat 100% akan membuat situs anda kuat, tahan lama, dan gampang halaman satu jika ada artikel baru yang anda publish.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memenuhi 3 faktor yang super sulit tersebut antara lain:
  1. Blog Comment, blog comment merupakan cara yang sering digunakan oleh para praktisi SEO dengan berbagai cara nya sendiri (menggunakan footprint, tool, atau yang lain). Cara yang memang terbilang paling gampang daripada yang lain dengan hasil yang begitu memuaskan tentu nya. Yang harus anda lakukan adalah dengan mencari situs-situs yang menurut anda sudah memenuhi kriteria backlink berkualitas dan yang ada kotak komentarnya, kemudian silahkan koment di situs tersebut dengan menautkan link anda. Jika tidak ada tempat untuk mengisi url situs anda, silahkan isi link anda dengan menggunakan kode html. <a href='http://situs.com/'>AnchorText</a>
  2. Social Bookmark, merupakan situs dimana kita bisa bikin post dengan menautkan link sesuka kita dengan mendaftar terlebih dahulu di situs tersebut. Kelebihannya adalah jika post yang anda buat dibaca banyak orang dan menjadi posting terpopuler, maka post tersebut akan bisa tampil di homepage yang biasanya ber PR sangat tinggi, yang anda dapatkan adalah backlink yang berkualitas karena mendapat aliran dari homepageber Pr tinggi dan traffic yang lebih banyak. Sedangkan kerugiannya adalah jika post yang anda buat tidak populer maka yang anda dapatkan hanyalah backlink dari pr n/a (untung-untung bisa dapat pr 0) dan traffic yang nihil.
  3. Wiki Backlinks, sama seperti social bookmark, kita bisa bikin post di situs yang menyediakan wiki dengan berbagai aturan yang berlaku di situs tersebut. Kita juga bisa bikin dummy menggunakan situs wiki ini..
  4. Guest Blog, sama juga seperti social bookmark dan wiki, guest blog merupakan kita bikin post di blog orang maupun blog kita sendiri kemudian melink kan ke situs kita. Inti nya adalah kita mengajak kerja sama dengan blogger lain dengan mempublish konten yang sudah kita buat yang sudah berisi link di blog mereka kemudian kita berikan imbalan berupa apa, apa, dan apa yang sudah disepakati bersama..
  5. Dan lain-lain..
Jadi sekian saja yang bisa saya share kepada anda mengenai Apa Itu Backlink? Nofollow dan Dofollow? Backlink Adalah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda..
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

5 comments:

Virta I said...

Saya sebagai pemula yang butuh ilmu2 tentang SEO sangat suka dengan artikel ini.Saya mendapatkan tambahan ilmu2 baru yang tidak saya dapatkan pada artikel yang lain.

Kunjungi web saya : www.JeliGamat.com

iklan baris gratis said...

Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali. Backlink memang diperlukan supaya website atau blog cepat dikenal di internet, selain pakai cara gratis bisa juga membeli Jasa Backlink Murah tapi harus pintar memilih penjual yang Jual Backlink Murah dan backlinknya juga harus berkualitas.

blog dofollow said...

Ibarat vitamin, backlink merupakan kebutuhan untuk blog. Backlink berkualitas lebih bagus untuk blog, sebaiknya mencari backlink sendiri dan lebih berhati-hati dalam memilih jasa backlink bila memang terpaksa harus menggunakannya.

Fahmi Fanirius Blog said...

Wah.. Bermanfaat banget. Makasih ilmunya.

jati wahyudi said...

Terima kasih gan,saya lagi belajar tentang backlink,insya Allah ilmu yg agan bagikan bermanfaat. Salam

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2014. Belajar SEO Blog Gratis Bersama Ahli & Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Powered by Blogger